Manfaat mandi air panas dan air dingin tentu saja berbeda. Setiap orang pasti pernah mandi menggunakan air panas dan air dingin, dan tentunya pasti mempunyai favorit masing-masing. Manfaat mandi air panas dan air dingin tentunya bermanfaat bagi kesehatan tubuh apabila sesuai dengan waktu yang dianjurkan

Mandi adalah salah satu kegiatan yang wajib dilakukan seseorang sebelum ataupun sesudah melakukan aktivitas. Mandi bertujuan untuk membersihkan seluruh kotoran yang menempel di tubuh seperti debu, keringat, bau badan, dan kotoran lainnya karena telah melakukan aktivitas seharian di luar rumah. Manfaat mandi air panas dan air dingin bisa didapatkan ketika kamu bisa menyesuaikan sendiri mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi masing-masing ya!

Apabila setelah seharian bekerja, seseorang biasanya lebih memilih untuk mandi menggunakan air dingin agar tubuh kembali menjadi segar. Sedangkan seseorang yang menderita deman biasanya memilih untuk mandi menggunakan air panas agar tubuh tidak merasa kedinginan dan menggigil. Kenali manfaat mandi air panas dan air dingin agar dapat memberikan relaksasi untuk tubuh anda.

Berikut liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/3/2020) 5 manfaat mandi air panas dan air dingin, pahami perbedaannya. 

Manfaat Mandi Air Panas

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang manfaat mandi air panas dan mandi air dingin, kamu harus mengetahui dan menyesuaikan terlebih dahulu suhu air sebelum membersihkan badan kamu. Bila ingin mandi menggunakan air panas, perhatikan suhu air yang dipakai sebelum mandi. Sebaiknya suhu air tidak lebih tinggi dari 44 derajat celcius.

Selain itu, apabila kamu mandi menggunakan air panas dengan suhu 44 derajat celcius, jangan mandi terlalu lama. Sebaiknya lakukan mandi selama 5-10 menit saja. Manfaat mandi air panas dan air dingin bisa didapatkan apabila sudah menyesuaikan suhu air sesuai anjuran. Berikut manfaat mandi air panas yang perlu diketahui :

1. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat mandi air panas dan air dingin, manfaat yang pertama dari mandi air panas yaitu melancarkan peredaran darah. Mandi air panas bisa membuat peredaran darah menjadi lancar. Apabila mandi dilakukan di bawah pancuran air, dan dengan tekanan air yang stabil selama lima menit, akan membantu memperlancar sirkulasi pada arteri dan pembuluh darah.

2. Melemaskan Otot-Otot yang Tegang, Kaku, dan Nyeri

Agar otot-otot kamu yang tegang, kaku, dan nyeri bisa kembali relaks, setelah selesai bneraktivitas kamu bisa mandi menggunakan air panas. Melemaskan otot-otot yang tegang, kaku, dan nyeri merupakan salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari manfaat mandi air panas dan air dingin.

Ketika mandi menggunakan air panas, kamu bisa menggerak-gerakkan anggota tubuh seperti leher, pundak, pinggang, atau bagian tubuh lain yang sedang terasa kaku. Bisa juga sambil memijat ringan tubuh dan apabila memiliki pancuran, bisa berdiri dibawah pancuran selama 10 menit. Tekanan air dari pancuran bisa dijadikan sebagai pemijat alami yang membantu meredakan otot yang nyeri dan kaku.

3. Mengurangi Stres dan Cemas

Apabila setelah seharian beraktivitas kamu mengalami setres dan cemas karena pekerjaan, kamu bisa menenangkan pikiran kamu dengan mandi air hangat. Mengurangi stres dan cemas merupakan salah satu manfaat mandi air panas. Dengan menggunakan air panas, membantu merangsang otak untuk memproduksi hormon oksitosin. Hormon ini bertugas membuat perasaan kamu lebih senang dan positif.

Apabila ketika stres dan cemas kamu mandi menggunakan air dingin, bisa saja hal tersebut membuat kepala kamu menjadi pusing dan tidak fit. Untuk itu penting mengenali manfaat mandi air panas dan air dingin mulai sekarang ya!

4. Mencegah Insomnia dan Gangguan Tidur

Manfaat lainnya dari mandi air panas yaitu dapat mencegah insomnia dan gangguan tidur. Apabila kamu menderita insomnia dan gangguan tidur, kamu bisa mandi air panas sebelum tidur. Hal ini bisa membuat kamu merasa lebih tenang dan tidur lebih berkualitas. Segera kenali manfaat mandi air panas dan air dingin agar bisa mencegah penyakit-penyakit kamu sebelum bertambah parah ya!

5. Membersihkan Saluran Hidung

Salah satu manfaat mandi air panas selanjutnya yaitu membersihkan saluran hidung. Untuk mengetahui manfaat mandi air panas dan air dingin kamu bisa mencoba beberapa saran dan tips yang dianjurkan ya!Kamu bisa mencoba mandi air panas apabila kamu ingin membersihkan saluran hidung kamu

Sumber : https://hot.liputan6.com